Cari Blog Ini

Selasa, 21 Agustus 2012

ANDAI SAYA BUKAN RAKYAT INDONESIA

0 komentar


Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan menutup sumur dan menguruk telaga
Karena rakyat Indonesia minumnya Aqua dan Coca-Cola

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan membuka kedai KFC dimana-mana
Karena rakyat Indonesia senang makanan gaya Amerika.

Andai saya bukan rakyat Indonesia

Saya akan menggusur pasar dan  warung tradisional
Karena rakyat Indonesia suka belanja diswalayan dan mal.

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan memasok barang-barang dari luar negeri
Karena rakyat Indonesia kurang mencintai produk pribumi.

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan menghalau perusahaan sumbu kompor
Karena rakyat Indonesia merasa lebih keren pakai gas elpiji.

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan meruntuhkan gedung-gedung koperasi
Karena rakyat Indonesia merasa bergengsi hutang ke bank

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan memborong tambang mineral dan gas bumi
Karena rakyat Indonesia malas menggalinya sendiri

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan bikin pabrik dan merekrut buruh Indonesia
Karena rakyat Indonesia terkenal sangat murah upahnya

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya tak akan menggunakan bahasa Indonesia
Karena rakyat Indonesia lebih bangga berbahasa Eropa

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya tak akan menulis puisi tentang penindasan Negara
Karena rakyat Indonesia gemar puisi derai daun cemara

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan ambil ikan dan pulau diperbatasan Indonesia
Karena rakyat Indonesia cuek pada wilayah kedaulatannya

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan mengganti nilai-nilai UUD ’45 dan Pancasila
Karena rakyat Indonesia kayaknya tak lagi mengacuhkannya

Andai saya bukan rakyat Indonesia
Saya akan bersekongkol dengan para penguasa
Karena rakyat Indonesia tak akan berani melawannya

(By: Binhad Nurrohmat)

Leave a Reply